Analisis Digital Pemasaran Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Branding Pada Umkm Laundry Di Palembang Menggunakan Metode Systematic Literature Review
Designing A Web Information System In The Guest Book Using The Waterfall Method At Ikest Muhammadiyah Palembang
DOI:
https://doi.org/10.52523/jhast.v3i2.88Keywords:
Digital, Pemasaran,Teknologi,Branding, UMKM LaundryAbstract
Persaingan bisnis laundry di era digital semakin ketat, sehingga pelaku UMKM dituntut memanfaatkan teknologi pemasaran secara efektif untuk memperluas pasar dan memperkuat citra merek Tujuan PenelitiaN ini bertujuan untuk menganalisis penerapan digital pemasaran serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan branding pada UMKM laundry di kota palembang dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR).Metode penelitian dilakukan dengan mengkaji 50 jurnal (Jurnal Nasional 21 jurnal) dan (Jurnal Internasional 29 Jurnal) yang terbit antara 2021–2025. berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, diperoleh 20 jurnal utama sebagai sumber data. analisis dilakukan melalui pengkodean tematik untuk mengelompokkan temuan terkait analisis digital pemasaran dan faktor branding.Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital pemasaran yang paling dominan dimanfaatkan UMKM laundry meliputi media sosial (Instagram, Facebook, TikTok), marketplace/e-commerce, website dan optimasi SEO, Customer Relationship Management (CRM), live streaming, serta kolaborasi dengan influencer sementara itu, faktor branding yang terbukti berpengaruh signifikan adalah brand awareness, brand identity & visualization, kualitas layanan, harga dan promosi, ulasan serta testimoni online, interaksi media sosial, customer experience, dan citra merek.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Paray Theo Lonando

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.









